First Aid Training Part 1

DSC01843 Salah kegiatan terobosan terbaru di STIKES PHI untuk pertama kalinya diadakan yang bertopikkan “Kegawat Daruratan” . Yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi “Nursing Crisis Centre (NCC)” yang bekerjasama bersama pihak institusi. Kegiatan yang diadakan pada hari sabtu tanggal 23 Mei 2009 DSC01821dimana kegiatan terdiri dari Exhibition, Seminar, Teleconference, dan Workshop. NCC menyelenggarakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkat mutu pendidikan, berbagi pengalaman, memberikan ciri khas STIKES PHI, dan sebagai kegiatan tambahan bagi para mahasiswa dan DSC01786mahasiswi STIKES PHI.  Kegiatan ini merupakan event yang diluar dugaan, Semula hanya diprediksikan 30 – 50 peserta yang berminat, ternyata setelah dateline didapatkan jumlah mahasiswa yang sangat mengejutkan, sebanyak 120 mahasiswa sangat antusias, yang merupakan mahasiswa tingkat III sebagai role model, tingkat I & II sebagai peserta. Kegiatan yang didukung dan disambut hangat oleh Institusi dan para pihak yayasan dibuka oleh Kaprodi Keperawatan Siti Rukayah, S. Kp ini mendapatkan tepuk tangan dan acungan jempol dari tingkat I & tingkat II.  Sebagai keynote speaker dr. Reksodikusumo, MPH, beliau menyatakan bahwa sebaiknya STIKES PHI khususnya di bidang keperawatan memiliki ciri khas di bidang Emergency Nurse, Tropical and Communicable Disease. Kegiatan NCC meliputi Exhibition, Seminar, Teleconference, dan Workshop berawal dari ide Ns.Moch. Robby FC., SKep sebagai dosen KGD (Keperawatan Gawat Darurat) dan merupakan aplikasi dari mata ajaran KGD sendiri.

1.EXHIBITION

Merupakan kegiatan yang medianya adalah berupa poster – poster hasil karya tingkat III yang menceritakan/menggambarkan tentang gawat darurat didunia nyata! Kegiatan berupa pameran poster – poster gawat darurat yang dibuat oleh para mahasiswa angkatan XII yang telah diseleksi oleh panitia

2. SEMINAR & TELECONFERENCE

Dalam seminar ini banyak dibahas tentang penanganan awal gawat darurat dan juga mengulas sejarah dari Ambulance keliling. Yang di fasilitator oleh Teman  kita “Perdamean Sinamo” yang merupakan mahasiswa terbaik di STIKES PHI dan “Ns. Moch. Robby FC. S. Kep” yaitu dosen yang mempunyai banyak ide cerdas. Kegiatan ini merupakan daya tarik para mahasiswa sehingga jumlah mahasiswa yang mendaftar pada date line nya meledak. Kegiatan yang menggunakan fasilitas by phone ini merekrut beberapa alumni PHI. Kegiatan berupa seminar tentang gawat darurat dan sharing secara langsung via webcam kepada para alumni atau perawat yang telah mempunyai pengalaman secara nyata mengenai manejemen pada pasien atau korban gawat darurat yaitu: Indra Felani, AMK dari Ambulans Gawat Darurat 118, Anang Arifianto, AMK dan Adi Nurcahyadi, AMK dari SOS International Papua yang dipandu oleh Rusna Badir Bahruddin, juga sempat teleconference dengan mantan direktur AKPER PHI yaitu Yenita Agus, SKp, MKep, Sp.Mat yang sekarang sedang mengambil Program Doktoral di Jepang.

3.Workshop

Dan kegiatan terakhir ini adalah kegiatan inti yang melibatkan keahlian psikomotor dari para mahasiswa, kegiatan ini sangat memakan waktu yang lama karena satu persatu mahasiswa diikut sertakan dan mempraktikkan secara langsung prosedur yang telah diberikan dan dicontohkan. Prosedur yang diberikan adalah Resusitasi Jantung Paru (RJP), Balut Bidai, dan Transport pasien menggunakan Long Spain Board. Kegiatan berupa pelatihan BLS (Basic Life Support) kepada para peserta yang mengikuti. Dan dalam pelatihan ini tentunya meliputi pelatihan kognitif dan psikomotor.

(report by: Albert)

%d blogger menyukai ini: